Minggu, 11 Mei 2014

Terpisahnya Kerabat Kraton Glagahwangi yang dipertemukan kembali

Dampalcom Suara Kraton : 


Dampalcom Suara-Kraton.  Seperti biasanya pada malam Pisowanan, yang digelar selapan ( 40 Hari ) sekali tepatnya di Malam Jum’at Legi Tanggal 01 Mei 2014 telah dilaksanakan di Kraton Glagahwangi oleh DYMM Srisultan Suryo Alam Joyo Kusumo, dihadiri oleh Sampean Dalem Ingkang Sinuhun Sripaduka Maha Raja Prabunoto ke XI, Keluarga besar Krabat, Sentono Kraton Glagahwangi Demak,  Kanjeng Raden Mas Haryo Doktor Setiyadi Sastraningrat selaku ketua pengagem paguyuban kraton glagahwangi.


Pada kesempatan ini DYMM Srisultan Suryo Alam Joyo Kusumo, berkenan memberikan sambutan :
Pada Malam hari ini Kraton Glagahwangi bersukur, yaitu kehadiran saudara kita, kurang lebih tahun 1934 banyak saudara kita yang merantau dari pulau Jawa ( Demak ) sampai didaerah Malaya , Tailan, Suriname, diantaranya pada malam hari ini yang sudah mencari bertahun-tahun keluarganya yang hilang itu ternyata cucu dari beliau Mbah Sadun Zuber / Mbah Kasmawi, Beliau adalah Ibu Hj Sahlia Binti H Kasmani  pulang ke demak mendengar kebangkitan kesultanan demak, lewat facebook, beliau mencari di google ada sultan demak, sedangkan beliau berasal dari demak rumahnya sekitar masjid agung demak, beliau datang bolak balik Malaysia-indonesia kurang lebih 10 tahun uang ratusan juta ringgit habis, tapi setelah sampai disini sudah habis, sudah sampai di sana-sana, tapi habisnya uang beliau bukan untuk hura-hura, tapi untuk nyumbang fakir-miskin, yatim piatu, sambil mencari dimana saudara Beliau yang belum diketemukan, beliau mencari kemana-mana dan pernah singgah di jawa timur yang ada daerah bernama demak, banyak yang mengaku-ngaku saudaranya tetapi setelah ditelusuri tidak nyambung, ternyata belakangnya mintanya uang.   Tapi Alchamdulillah lewat donia maya, lewat facebook itu beliau mencari yang namanya sultan demak, akhirnya dapat berhubungan lewat HP baik ke saya maupun ke Kanjeng Pangeran Fadhil. Sambung menyambung dengan mas Barik Barlian saudara kita yang hilang keturunan dari Haryo Penangsang yang ada di Baturaja, setelah kami bisa berhubungan telpon, kami sampaikan bahwa beliau keturunan dari mbah Sadun Zuber, dulu pernah menjadi salah satu gubernur di Malaya yaitu dipulau pineng, bersama Tengku Abdulrohman Perdana Menteri pertama. Kebetulan Bapak saya pernah cerita tentang Mbah Kasminah, Mbah Kasmito, Mbah Kasmani nyambung-nyambung sebagai keluarga “KAS” ( Bapaknya Ibu saya nama keluarganya berawalan “KAS” semua. Mbah Sadun Zuber tanah-tanah beliau, mbah-bae Beliau dulu dari sini semua, salah satunya termasuk yang jadi Taman Pahlawan Demak, salah satunya Kolonel Pak Waluyo satu Mbah dengan Beliau yang sekarang ada di Jakarta, nanti suatu saat akan saya pertemukan.
Kemunculan Ibu Hj Sahlia Binti H Kasmani dari Kualalumpur Malaysia, bersamaan dengan keluarga kraton dari daerah lain, yaitu Ibu Hj Andi Yuswita Mokokinta dari keturunan Bugis, suami beliau Yon Kapolri Kolonel Wirawan sudah pension dan sekarang aktif menjadi sekertaris Ibu Mantan wakil presiden Umar wira hadi kusuma.



Ibu Hj Sahlia dari Malaysia adalah seorang wanita pengusaha sukses, sedangkan Ibu Andi yang dari Bugis ini ternyata mbahnya dari Demak, Belau juga mutar-mutar sejak tahun 2001 baru diketemukan sekarang, menghabiskan uang sudah banyak, sampai disana selamatan kambing tujuh, sampai disana (lain tempat) selamatan lagi, tapi tidak pernah melihat selametannya. Saya bilang pada Ibu Hj kalau selametan disini disaksikan, dimakan orang banyak dan walaupun sedikit mendapat bagian dibagi rata, contohnya malam ini yang Ibu Hajah saksikan sendiri. Inilah perjalanan hidup tidak perlu disesali.



Selain Beliau berdua, masih ada saudara kita yang dapat nyambung dan baru malam ini dapat hadir di antara kita, saya persilahkan “Mas Jhon Lasem” yang selama ini nguri-uri budaya lasem.



Pada Intinya, Kebangkitan Kasultanan Demak ini, bertujuan “NGUMPULKE BALUNG KAPISAH”

Sumber  = Religi Islami  http://dampalcom-kendal.blogspot.com

Ditulis oleh Sutarno.








1 komentar:
1.                  
Assalamu'allaikum Wr. Wb.
Para pemirsa di penjuru donia, khususnya Keluarga Besar Para Kerabat, Sentono Kraton Glagahwangi. Mari berikan nilai tambah untuk perkembangan Kraton Glagahwangi dengan meninggalkan komentar anda barang satu atau dua kalimat diblog ini yang merupakan pencerminan kecintaan anda semua pada Srisultan Suryo Alam Joyo Kusuma, semoga komentar anda bermanfaat untuk orang banyak.
Terimakasih atas partisipasinya. nuwun-nuwun maturnuwun.
Pembuat Blog ( Sutarno-Dampalcom).

1 komentar:

dampalcom mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.